MATERI UNAS EKONOMI (Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas dan Kelangkaan Sumber Daya) (Masalah Pokok Ekonomi Modern) (Sistem Ekonomi Indonesia dan Negara Lain)

  1. Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas dan Kelangkaan Sumber Daya
Indonesia memiliki potensi sumber daya melimpah. Akan tetapi, masyarakat masih sering dihadapkan pada masalah kelangkaan. Ketidakseimbangan antara kebutuhan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas menyebabkan kelangkaan. Kelangkaan juga dapat menyebabkan masalah ekonomi bagi manusia.
Kebutuhan adalah barang dan/atau jasa yang dibutuhkan untuk dapat hidup secara layak. Diperlukan penyusunan daftar prioritas kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin beragam. Kebutuhan dapat digolongkan sebagai berikut.
  1. Menurut intensitasnya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
  2. Menurut bentuk dan sifatnya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan jasmani dan rohani.
  3. Menurut waktu pemenuhannya kebutuhan terdiri atas kebutuhan sekarang dan masa depan.
  4. Menurut subjeknya, kebutuhan terdiri atas ke- butuhan individu dan kebutuhan kelompok atau kolektif.
Kelangkaan adalah kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas, Kelangkaan juga dapat diartikan jumlah barang dan/atau jasa yang diminta melebihi jumlah barang dan/atau jasa yang ditawarkan. Kelangkaan menyebabkan sulitnya memperoleh barang dan/atau jasa dan harga barang dan/atau jasa menjadi mahal. Faktor-faktor penyebab kelangkaan antara lain keadaan geografis antarwilayah tidak sama, pertumbuhan ekonomi yang lambat, keterbatasan kemampuan produksi, perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta bencana alam.
Upaya untuk mengatasi masalah kelangkaan antara lain menanamkan pola hidup hemat dan sederhana, memanfaatkan sumber daya secara bijak, membuat daftar prioritas kebutuhan, menemukan sumber daya alternatif, dan mengelola keuangan secara efisien. Orang kreatif dapat mengambil pilihan tertentu (peluang) saat terjadi kelangkaan.


  1. Masalah Pokok Ekonomi Modern
Masalah pokok ekonomi dalam masyarakat muncul dari keterbatasan sumber daya dan keinginan manusia yang tidak terbatas. Masalah pokok ekonom telah muncul sejak manusia hidup berkelompok atau bermasyarakat berdasarkan tinjauan ekonom klasik dan ekonom modern. Teori ekonomi klasik dikembangkan oleh Adam Smith sekira tahun 1870. Kaum ekonom klasik menyatakan masalah ekonomi terdiri atas proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Selanjutnya, berkembang teori ekonomi modern yang telah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
Masalah pokok ekonomi modern dapat diperinci dengan pertanyaan berikut.
  1. Barang Apa (What) yang akan Diproduksi?
Pertanyaan what berkaitan dengan jenis dan jumlah barang dan/atau jasa yang akan diproduksi oleh produsen atau perusahaan. Penentuan jenis dan jumlah barang dan/atau jasa disesuaikan kebutuhan serta keinginan masyarakat. Jenis barang dan jumlah barang apa yang akan diproduksi? Pertanyaan itulah yang harus diselesaikan produsen atau perusahaan sebelum memproduksi suatu barang dan/atau jasa.
  1. Bagaimana (How) Barang Diproduksi?
Pertanyaan how berkaitan dengan cara atau metode produksi yang akan diterapkan produsen dalam proses produksi. Tujuannya untuk menghasilkan barang dan/atau jasa berkualitas dalam jumlah tertentu secara efisien. Penentuan teknik produksi ini juga harus diselesaikan produsen sebelum dilakukannya proses produksi.
  1. Untuk Siapa (For Whom) Barang Diproduksi?
Sebelum memproduksi barang dan/atau jasa, produsen perlu menentukan pasar sasaran produknya. Untuk menentukan sasaran produk produsen dapat memerinci dengan pertanyaan for whom. Produsen perlu melakukan survei pasar untuk mengetahui karakteristik sasaran produk yang dituju.


  1. Sistem Ekonomi Indonesia dan Negara Lain
Masalah ekonomi yang dihadapi suatu negara berbeda dengannegara lain. Suatu negara memertukan cara tertentu untuk menjalankan perokonomian negara dan mengatasi masalah sistem ekonomi. Cara tersebut disebut sistem ekonomi. Sistem ekonomi diterapkan untuk mengatasi permasalahan perekonomian suatu negara.
  1. Sistem Ekonomi Tradisional masyaraka keingina ekonon ekonon Sistem ekonomi tradisional adalah sistem ekonomi yang menjalankan perekonomian berdanarkan tradisi dan adat istiadat, Karakteristik sistem ekonomi tradisional sebagai berikut
a.       Kegiatan perekonomian sangat bergantung pada sumber daya alam
b.      Belum ada pembagian kerja.
c.       Teknologi produksi masi sederhana
d.      Menganut sistem kokeluargaan
e.       Tidak ada persaingan dalam kegiatan ekonomi.
f.        Masyarakat menjunjung tingg kebersamaan
g.      Kegiatan ekonomi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan, tidak mencari laba.
  1. Sistem Ekonomi Terpusat/Komando Sistem ekonomi terpusat/komando adalah sistem ekonomi yang seluruh kegiatan ekonomi direncanakan, diatur, dan diorganisasikan pemerintah pusat. Karakteristik sistem ekonomi terpusat/komando sebagai berikut.
a.       Sumber daya ekonomi dikuasai negara.
b.      Kegiatan ekonomi, jenis, dan pembagian pekerjaan diatur pemerintah.
c.       Hak milik pribadi tidak diakui pemerintah.
d.      Pemerintah bertanggung jawab atas kegiatan ekonomi masyarakat.
e.       Keadaan ekonomi relatif stabil, jarang terjadi krisis.
f.        Distribusi barang dan pendapatan lebih adil dan merata.
g.      Daya kreasi dan inisiatif individu dibatasi. Pemerintah memiliki hak monopoli dalam menerapkan kebjakan perekonomian,
  1. Sistem Ekonomi Pasar/Liberal Sistem ekonomi pasar (iberal) adalah sistem ekonomi yang memberi kebebasan masyarakat dalam kegiatan ekonomi dan kegiatan ekonomi bergantung pada mekanisme pasar. Karakteristik sistem ekonomi liberal sebagai berikut.
a.       Pemerintah tidak mencampuri kegiatan ekonomi
b.      Kegiatan ekonomi berorientasi pada laba.
c.       Sumber produksi dikuasai oleh swasta.
d.      Masyarakat bebas berinisiatif dan berkreasi dalam kegiatan ekonomi.
e.       Persaingan usaha beriangsung ketat
f.        Elektivitas dan efisiensi produksi tinggi.
g.      Kesenjangan ekonomi dan sosial tinggi.
h.      Perekonomian cenderung tidak stabil dan rentan terjadi krisis.
i.        Barang yang dihasilkan berkualitas.
  1. Sistem Ekonomi Campuran Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang menggabungkan tatanan sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi pasar. Karakteristik sistem ekonomi campuran sebagai berikut.
a.       Tatanan ekonomi merupakan perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan terpusat.
b.      Barang modal dan sumber daya vital dikuasai pemerintah.
c.       Campur tangan pemerintah diwujudkan melalui kebijakan ekonomi agar teroipta per- saingan usaha yang sehat
d.      Ada peran berimbang antara pemerintah dan swasta dalam kegiatan perekonomian.
Saat ini sebagian besar negara di dunia cenderung menerapkan sistem ekonomi campuran. Pada pelaksanaannya, kehidupan ekonomi diatur oleh sistem harga dari pemerintah dan pasar bebas. Kondisi ini disebabkan pemecahan masalah dengan mekanisme pasar tidak dapat diterima seluruhnya, khususnya dalam distribusi pendapatan dan keadilan sosial. Perlu adanya campur tangan pemerintah dengan peraturan hukum, subsidi, dan tunjangan sosial.
  1. Sistem Ekonomi Indonesia Indonesia menganut sistem demokrasi ekonomi atau sistem ekonomi Pancasila. Kegiatan ekonomi dilakukan oleh, dari, dan untuk rakyat. Pemerintah berperan sebagal pelaku ekonomi sekaligus pengatur dan pengawas kegiatan ekonomi di Indonesia. Pelaksanaan demokrasi ekonomi dijiwai nilai-nilai Pancasila meliputi asas kekeluargaan, pandangan agamis tentang masyarakat, dan asas keadilan.
Sistem ekonomi Indonesia memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.       Sesuai perkembangan dan ideologi bangsa.
b.      Berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
c.       Mengutamakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.
d.      Kegiatan ekonomi merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
e.       Sumber daya ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
f.        Penggunaan sumber daya ekonomi harus berorientasi pada kesejahteraan dan ke- makmuran rakyat.


Follow ig ku ya @rasiputri
Nanti kalian boleh komen atau dm aku buat bahas apalagi, terserah pelajaran apa, kalau aku bisa pasti aku bantu kok tugas kalian hehe.

Komentar

Postingan Populer